Ukuran Foto

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai seri ukuran dalam kertas, yaitu ukuran foto. Nah, bisa dibilang hanya medianya saja yang berbeda, yaitu kertas dan foto. 

Namun, kebanyakan orang pasti lebih kenal ukuran foto dalam ukuran seri R. Selain itu, foto adalah salah satu cara yang dikenal untuk mengabadikan momen tertentu oleh banyak masyarakat sekarang ini. 

Momen bisa dikenang dan dinikmati dengan sebuah foto. Setiap foto akan memberikan momen yang berbeda bagi setiap orang.

Ragam Ukuran Foto Cetak dan Pas Foto

Berbagai ukuran, digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Seperti foto yang akan Anda gunakan untuk buku nikah, maka ukuran foto harus 3×4.

Lalu untuk melamar pekerjaan pun memiliki ukuran yang beda lagi, yaitu 4×6. 

Jadi tak usah heran, jika ukuran standar foto menggunakan seri R, seperti 2R, 3R, 4R dan lainnya. Seri ukuran R ini memang menjadi acuan untuk standar ukuran.

Sehingga, dengan satuan huruf R yang sebagai acuan ukuran foto, maka foto-foto di Indonesia akan sama dengan ukuran di negara lainnya. Agar Anda tahu detail ukuran R, maka bisa simak detailnya berikut ini.

Ukuran RUkuran Dalam CMUkuran Dalam Inchi
Ukuran 2R6 X 92 x 3.5
Ukuran 3R8 X 123.5 x 5
Ukuran 4R10 X 154 x 6
Ukuran 5R12 X 175 x 7
Ukuran 6R15 X 206 x 8
Ukuran 8R20 X 258 x 10
Ukuran 8R Plus20 X 308 x 12
Ukuran 10R25 X 3810 x 12
Ukuran 12R30 X 3912 x 15.5
Ukuran 16R40 X 5016 x 20
Ukuran 20R50 X 6020 x 24
Ukuran 24R60 X 8024 x 31.5
Ukuran 30R75 X 10030 x 40

Beragam Ukuran Foto Sesuai Fungsinya

Sekarang Anda tahu, bahwa ada cukup banyak ukuran yang bisa digunakan dan dipilih saat berfoto sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, sebenarnya tak hanya foto saja, tapi media lain juga memiliki aturan untuk menggunakan ukuran tersebut. 

Seperti ukuran untuk kartu nama dan juga banner. Keduanya memiliki aturan ukurannya sendiri agar sesuai dan pas. 

Nah, agar Anda lebih mudah dalam menentukan ukuran yang pas saat berfoto untuk berbagai kebutuhan, berikut ini ada sekilas penjelasan yang bisa memudahkan Anda. 

1. Ukuran 3×4

Ukuran foto ini lebih sering digunakan untuk kegiatan atau kepentingan yang menggunakan dokumen resmi, seperti kepentingan untuk foto Ijazah, CV, dan jenis surat resmi lainnya. 

Anda pun perlu tahu, jika untuk keperluan tersebut maka foto yang diambil adalah foto formal.

Biasanya pun, banyak orang yang akan menyimpan jenis foto ini dalam jumlah yang banyak. Hal ini untuk berjaga-jaga jika foto diperlukan mendadak. 

Cenderung foto 3×4 menggunakan background warna merah atau biru, bergantung dengan syarat yang ditentukan atau kebutuhan penggunanya.

2. Ukuran 3R

Ukuran 3R ini memiliki besar atau seukuran kartu pos. Ukuran foto 3R pun termasuk yang sering digunakan. 

Jika anda akan mencetak foto dalam ukuran ini atau ukuran 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 jika dilihat dalam ukuran inchi, maka Anda harus memperhatikan ukuran gambar dalam pixel. 

Nah, untuk ukuran pixel 3R ini adalah minimal 1051 x 1500 pixel. Ukuran Pixel penting diperhatikan agar hasil foto Anda tidak pecah.

3. Ukuran 4R

Selanjutnya ada ukuran 4R. Untuk ukuran ini, bisa dikatakan lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran 3R. Ukuran foto 4R termasuk sering digunakan untuk hiasan foto di dinding. 

Dalam satuan centimeter, maka 4R setara 10,2 x 15,2 cm, tapi dalam satuan inchi maka 4R setara 4 x 6 inchi. Jika akan mencetak foto dengan ukuran 4R, maka ukuran pixel gambar adalah 1500 x 2102 pixel. Ingat, Anda harus perhatikan ukuran pixel gambar agar gambar foto bagus dan tidak pecah.

4. Ukuran 10R

Berikut ada ukuran foto yang cukup besar, yaitu ukuran 10R. Ukuran yang satu ini menjadi ukuran yang akan pas, jika anda pajang di ruang tamu atau ruang tengah rumah anda.

10R dalam centimeter setara dengan 25,4 x 30,5 Cm, dan jika dalam inchi akan setara dengan  10 x 12 inchi. Lagi-lagi, jika ingin mencetak foto maka anda harus paham dengan ukuran pixel yang sesuai dengan ukuran 10R. 

Nah, agar tidak pecah dan hasil foto bagus, maka gambar yang akan dicetak memiliki ukuran pixel 3000 x 3602 pixel.

 Tapi, ukuran 3000 x 3602 pixel termasuk ukuran yang besar. Jadi, tak ada salahnya untuk meminta bantuan edit foto yang Anda miliki di percetakan foto pilihan Anda. 

Jenis Kertas Untuk Cetak Foto 

Jika tadi sudah bahas tentang ukuran foto, maka tak ada salahnya juga Anda mengetahui jenis kertas yang digunakan untuk cetak foto. Hal ini termasuk penting untuk Anda pahami ketika akan cetak foto. 

Ada berbagai jenis kertas foto yang digunakan untuk cetak foto dalam ukuran foto yang berbeda-beda.

Dengan demikian, nantinya akan ada korelasi antara ukuran dan jenis kertas foto, sehingga akan menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, serta foto akan lebih awet. 

Pasti Anda sekarang penasaran dengan jenis kertas yang sering digunakan untuk keperluan cetak foto tersebut. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Matte

Pertama ada jenis kertas Matte. Jenis kertas satu ini termasuk jenis kertas yang sering digunakan untuk cetak foto. Jenis kertas Matte ini memiliki permukaan halus, tapi bagian permukaannya tidak mengkilap. 

Matte menjadi jenis kertas yang memiliki kelebihan pada teksturnya. Dengan jenis kertas ini, maka foto yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik. Tak hanya itu saja, ada kelebihan lain yang menarik dari jenis kertas ini. Kelebihannya adalah sidik jari anda tidak akan terlihat di jenis kertas ini. 

Jenis Matte adalah jenis kertas yang sering digunakan untuk cetak foto klasik dengan pewarna hitam putih dengan berbagai ukuran.

2. Glossy 

Nah, ada juga jenis kertas Glossy. Jenis kertas ini bisa anda gunakan untuk mencetak foto agar tampak lebih mengkilap. Ya, seperti namanya, jenis kertas Glossy memiliki permukaan yang mengkilap dan juga reflektif. 

Tak hanya itu saja, tapi foto yang dicetak dengan jenis kertas ini akan tampak lebih hidup dengan warna yang lebih cenderung tajam.

Ada juga kelebihan lain dari jenis kertas ini. Jadi, jenis kertas Glossy menawarkan komposisi warna yang lebih cerah, serta jenis kertas Glossy tidak akan menghasilkan tampilan layaknya kertas Matter. 

Ya, meskipun banyak kelebihan dari kertas jenis Glossy, sayangnya ada juga kekurangan yang menyertai kertas jenis Glossy. Kekurangan kertas Glossy adalah rentang dengan goresan. Hal ini jelas dapat membuat foto Anda cepat rusak.

3. Luster

Luster adalah jenis kertas yang sering sekali digunakan untuk cetak berbagai foto dengan ukuran foto yang berbeda-beda. Luster menjadi kertas yang memiliki komposisi warna lebih dalam, jika Anda bandingkan dengan jenis kertas Matte. 

Untuk hasil dari kertas Luster ini memang sedikit berkilau dan memiliki tekstur hampir sama seperti mutiara. Sama seperti kertas jenis Matte, jenis kertas Luster ini pun tak meninggalkan sidik jari. 

Jika Anda ingin foto Anda memiliki kualitas cetak yang terbaik, maka Anda bisa gunakan kertas Luster ini. Sebab, kertas ini akan menghasilkan gambar foto yang berkilau dan berkualitas baik. Sehingga akan sangat cocok dipajang di ruang tengah rumah anda. Kertas ini juga cocok untuk berbagai ukuran foto.

4. Metallic

Metallic bisa menjadi pilihan lain Anda yang ingin cetak foto dengan berbagai ukuran foto. Ya, Metallic adalah jenis kertas foto yang termasuk sering digunakan. 

Metallic menjadi jenis kertas yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, tahan lama, dan foto tidak akan mudah tergores.

Nah, kelebihan lain dari jenis kertas ini adalah foto yang dihasilkan akan terlihat lebih mengkilap, mencolok, serat foto akan terlihat kesan metalik seperti logam.

Nah, jenis kertas foto Metallic ini akan cocok untuk Anda yang ingin cetak foto keluarga dengan ukuran foto yang besar. Foto keluarga pun, akan memiliki kesan mewah dan pas jika Anda pajang di ruang tengah atau ruang tamu rumah Anda.

Leave a Comment