Ukuran ID Card

ID card atau kartu identitas merupakan salah satu barang yang selalu dimiliki oleh orang-orang, baik itu anak-anak, pelajar, bahkan hingga orang dewasa. Kenapa banyak yang memiliki kartu identitas?

Banyaknya kalangan yang memiliki ID card karena kartu identitas ini keberadaanya sangat penting sebagai tanda pengenal diri. Jadi, tidak heran jika permintaan pembuatan kartu ini cukup tinggi. 

Hal ini membuat informasi mengenai hal hal yang berkaitan dengan kartu Identitas ini sangat penting dipahami oleh penyedia jasa percetakan.

Dengan paham akan standar Ukuran ID card, sebuah jasa percetakan tidak akan salah cetak nantinya. 

Lalu berapa Standar Ukuran ID card? Berikut akan dijelaskan

Standar Ukuran ID Card

Setiap kartu identitas, meskipun sama-sama kartu pengenal, size atau Ukuran ini memiliki berbeda-beda sesuai penggunaan dan pemanfaatannya. 

Jika Anda salah satu pemilik jasa percetakan, Anda harus paham informasi mengenai ukuran Masing-masing tanda pengenal.

Sebagai referensi untuk Anda dalam pembuatan kartu identitas, berikut ini tabel mengenai detail ukuran ID card serta penggunaan dan jenis ID Cardnya.

Ukuran dalam mmUkuran dalam cmPenggunaan
85.60 x 53.98 mm (Standar ISO )8,56 x 5,39 cmKTP, KTP Elektronik, ATM, kartu pengenal PNS, kartu debit
90 x 53 mm9,0 x 5,3 cmKartu nama pribadi, kartu nama perusahaan, kartu pelajar
105 x 74 mm10,5 x 7,4 cmName Tag, Kartu Panitia

Klasifikasi Penggunaan ID Card dan Name Tag

Perlu Anda ketahui, ukuran tanda pengenal dan Name Tag itu berbeda-beda. Ini menyesuaikan fungsi dan penggunaannya dalam keseharian. 

Jika dilihat dari klasifikasi ID Card berdasar bahan kertas yang digunakan dalam pembuatan kartu tanda pengenal, maka ID detail klasifikasinya sebagai berikut:

1. Kertas ID Card B1

Pertama, klasifikasi B1. Ukuran ini, merupakan golongan kartu identitas yang memiliki ukuran kertas yang tergolong kecil di pada seri B. Ukuran kertas B1 ini memiliki detail 10.2 cm x 6.5 cm. 

Jenis kertas B1 ini, sering kali dijumpai dalam pembuatan ID Card untuk pencetakan kartu panitia dalam kepentingan sebuah Event. Biasanya seri B1 ini dikaitkan dengan tali lanyard. 

2. Kertas ID Card B2

Selanjutnya ukuran B2. Ini memiliki dimensi yang sedikit lebih besar daripada B1. Kertas seri B2 ini memiliki detail dimensi 12.6 cm x 7.9 cm. Biasanya digunakan untuk keperluan ke-panitiaan juga.

Namun, untuk ukuran B2 ini menawarkan detail gambar dan tulisan yang lebih detail dan jelas.

Detail gambar dan tulisan ini bisa terlihat lebih detail dan jelas karena dimensi kertasnya sedikit lebih besar dari ukuran pada seri B1. 

3. Ukuran ID Card B3

Selanjutnya yakni ukuran B3. Seri ini memiliki detail ukuran 12.6 cm x 9.5 cm, sedikit lebih besar daripada B2. 

Biasanya Kartu ini digunakan pada event atau acara yang lebih eksekutif. Acara eksekutif yang dimaksud diantaranya acara yang digelar oleh perusahaan. 

Selain itu, Kartu ini juga sering kali digunakan sebagai kartu keanggotaan di sebuah kantor perusahaan. 

4. Kertas ID Card B4

seri yang satu ini berdimensi asli kertasnya yaitu 13.5 cm x 9.5 cm. Kartu ini akan terlihat lebih besar karena biasanya dilindungi oleh plastik berdimensi 15 cm x 10.5 cm. 

5. Kertas ID Card A1

Selanjutnya yakni seri kertas A. Ukuran ID Card A1 ini memiliki ukuran 10 cm x 6.8 cm. Kartu ini biasanya digunakan dalam bentuk landscape atau mendatar.

Penggunaan dan pemanfaatan seri ini landscape dan tentu berbeda dengan penggunaan seri yang lainnya yang berbentuk potrait. 

Sehingga bentuk kartu identitas ini lebih sering digunakan sebagai kartu identitas yang disimpan dan bukan dipajang sebagai atribut yang biasanya dikalungkan. 

6. Kertas ID Card A2

A2 tidak jauh beda dengan A1. Ukuran A2 ini memiliki dimensi ukuran 10.6 cm x 8.2 cm. 

Penggunaan seri jenis ini juga sama seperti penggunaan seri A1, yakni sebagai tanda pengenal yang disimpan yang biasanya dimiliki sebagai identitas kelompok tertentu dalam bentuk landscape.

Membuat ID Card Serta Menerapkan Ukuran dan Name Tag 

Jika Anda adalah salah satu penyedia jasa pembuatan ID Card, Anda perlu mengetahui standar Ukuran ID Card.

Atau, jika Anda ingin membuat ID Card atau name tag secara mandiri, maka, ada beberapa langkah yang harus Anda terapkan secara sistematis, berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat Desain

Langkah pertama yang harus Anda terapkan adalah membuat desain ID Card. Langkah ini harus Anda lakukan sebelum Anda menentukan Ukuran ID Card.

Anda harus membuat desain ID Card Anda mulai dari pemilihan font yang digunakan, warna ID Card, hingga foto. 

Untuk membuat desain ID Card, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi desain seperti Canva, Photoshop, Coreldraw, atau yang lainnya. 

2. Sisipkan Foto

Langkah selanjutnya, adalah menyisipkan foto. Di dalam menyisipkan foto ini, Anda harus pilih foto formal terbaik Anda. 

Anda juga harus memilih foto yang memiliki pixel yang besar agar gambar foto Anda memiliki kualitas yang baik. Hal ini untuk menghindari foto pecah saat diterapkan di proses editing. 

Setelah Anda memilih foto yang Anda kehendaki, Anda langsung bisa menyisipkannya pada aplikasi desain yang sedang Anda gunakan. 

3. Sesuaikan Ukuran

Langkah selanjutnya, yakni Menyesuaikan Ukuran kartu. Anda bisa menggunakan pengaturan aplikasi untuk menyesuaikan kartu yang diinginkan sesuai jenis dan kebutuhan Anda. 

Dengan Anda mengetahui standar Ukuran ID Card, Anda bisa membuat sendiri kartu pengelan anda menggunakan beberapa aplikasi desain yang ada. 

Sementara itu, untuk Ukuran ID Card bisa anda sesuaikan dengan jenis kartu pengenal yang Anda inginkan. Oleh karenanya, jika Anda ingin membuat ID Card, Anda harus terlebih dahulu paham Ukurannya.

Leave a Comment